RSS

Wawan Hermawan, ST, M.Kes, Kepala Bidang Analisis Dampak Kesehatan Lingkungan

31 Mar

Wawan Hermawan, ST, M.Kes begitulah nama panjang bapak kelahiran Cicalengka, 15 April 1959 ini. Suami dari Ibu Hastuti, SKM ini telah 30 tahun mengabdi sebagai pegawai negeri sipil di BBTKL PPM Yogyakarta. Istri beliau juga tercatat sebagai pegawai BBTKL PPM Yogyakarta yang telah mengabdi puluhan tahun pula.
Dari pernikahan beliau dengan Ibu Hastuti, bapak Wawan dianugerahi dua orang putra. Keduanya kini telah berstatus mahasiswa. Putra pertama bernama Khrisnawan Wibisono (22 th) dan yang kedua bernama Wisnu Sanjaya (20 th).
Bapak Wawan mengenyam pendidikan dasar dan menengah di Bandung, termasuk pendidikan analis kesehatan yang beliau tempuh di Sekolah Pengatur Analis Departemen Kesehatan RI jurusan Bakteriologi. Dengan modal pendidikan inilah, bapak Wawan memulai karier beliau di BBTKL PPM Yogyakarta pada tahun 1979 yang pada saat itu masih bernama Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) sebagai staf di Laboratorium Biologi.
Pendidikan kesarjanaan beliau dapatkan dari Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Yogyakarta Fakultas Teknik Lingkungan jurusan Manajemen Lingkungan dan berhasil lulus pada tahun 1997. Sedangkan pada tahun 2006, beliau berhasil menyelesaikan pendidikan pasca sarjana di IKK UGM Yogyakarta jurusan Kesehatan Lingkungan dengan gelar Magister Kesehatan.
Bapak Wawan yang memiliki beragam hobby dari memancing, berkebun, membaca, serta bermain catur ini juga memiliki banyak pengalaman kerja dari berbagai instalasi di BBTKL PPM Yogyakarta. Hal ini dikarenakan selama 30 tahun bekerja beliau mengalami perpindahan dari satu instalasi ke instalasi yang lain.
Pada tahun 1979 – 1989 Bapak Wawan ditempatkan sebagai staf di Laboratorium Biologi, pada tahun 1990 – 1993 ditugaskan sebagai staf di Laboratorium Kimia Fisika Zat Padat dan Cair. Tahun 1994 – 1999 menjabat sebagai Koordinator Laboratorium Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Tepat Guna, pada tahun 2000 – 2002 menjadi Kooordinator Laboratorium Kimia Fisika Gas, serta pada tahun 2003 – 2004 menjadi Koordinator Laboratorium Kimia Fisika Padat Cair.
Selanjutnya mulai bulan September tahun 2004, Bapak Wawan menempati jabatan struktural. Pada tahun tersebut Bapak Wawan diangkat menjadi Kepala Seksi Lingkungan Fisik dan Kimia Bidang Analisis Dampak Kesehatan Lingkungan (ADKL) BBTKL PPM Yogyakarta. Jabatan tersebut beliau emban hingga awal tahun 2009.
Dan pada tahun 2009, tepatnya tanggal 4 Februari 2009 Bapak Wawan dilantik sebagai pejabat eselon III dan menempati jabatan Kepala Bidang Analisis Dampak Kesehatan Lingkungan (ADKL) menggantikan Ibu Ir. Widjajanti yang telah pensiun beberapa bulan sebelumnya.
Dengan motto hidup beliau “Perjuangan ke arah perbaikan”, Bapak Wawan mengajak seluruh pegawai BBTKL PPM Yogyakarta untuk bersama-sama bekerja karena menurut beliau sekecil apapun yang dapat kita perbuat dan bermanfaat untuk kantor, saat itulah kebahagiaan akan muncul. Semoga dengan filosofi ini Bapak Wawan dapat memajukan ADKL pada khususnya dan BBTKL PPM Yogyakarta pada umumnya sehingga keberadaan BBTKL PPM dapat betul-betul bermanfaat bagi masyarakat dan negara. Amien

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 31/03/2009 in Profil

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: