RSS

Ir. Sigit Hernowo, M.Kes, Kepala Bidang Surveilans Epidemiologi BBTKL PPM Yogyakarta

28 Feb

pak sigt uploadSupel, ramah, santai, dan humoris, begitulah kesan yang nampak dari sosok Bapak satu ini ketika pertama kali berjumpa. Semakin lama mengenal semakin mengasyikkan karena beliau memiliki banyak sekali pengalaman dan pengetahuan. Dua puluh tujuh tahun mengabdi sebagai pegawai negeri sipil di lingkungan Departemen Kesehatan, Bapak yang bernama lengkap Ir. Sigit Hernowo, M.Kes tentu sudah mengenyam banyak asam garam pengetahuan dan pengalaman terutama yang terkait dengan laboratorium kesehatan lingkungan.

Terlahir di Salatiga tanggal 15 April 1954, Bapak Sigit mengenyam pendidikan dasar dari SD hingga SLTA di Salatiga pula. Baru pada saat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, beliau menempuhnya di Universitas Gajah Mada Yogyakarta Fakultas Teknik Jurusan Teknik Kimia. Dan berhasil menyelesaikan studi S1 beliau dengan gelar Insinyur. Sedangkan gelar Magister Kesehatan beliau terima setelah menyelesaikan studi di Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kedokteran Klinis, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 2004.

Bapak Sigit yang memiliki hobby memelihara burung merpati ini menikah pada tahun 1984 dengan Ibu Teny Rustianingsih. Dari pernikahan beliau dengan Ibu Teny inilah, beliau dianugerahi empat orang putra dan putri yang keempatnya mempuyai nama-nama unik. Putra pertama beliau bernama Rustian Aquadesianto Octensi Hernowo (24 th), yang kedua dan ketiga adalah putri bernama Kenditila Cromavianti Septensi Hernowo (23 th) dan Lurgitiva Fikmia Novtensi Hernowo (22 th), sedangkan yang keempat seorang putra bernama Detiza Goldianto Octensi Hernowo.

Perjalanan karier Bapak Sigit sebagai pegawai negeri sipil tak pernah lepas dari BBTKL PPM Yogyakarta. Sejak tahun 1982, beliau mendapatkan SK pengangkatan sebagai CPNS dan ditempatkan di BBTKL PPM Yogyakarta yang pada saat itu masih bernama Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) di bagian Kimia Fisika Padat Cair atau lebih dikenal dengan sebutan IPLC. Selanjutnya beliau ditempatkan di Laboratorium Kimia Air dan kemudian di Laboratorium Kimia Fisika Gas sampai tahun 2007.

Pada tahun 2007, keluarlah SK Dirjen PP & PL No OT.01.01.01/I/632/2007 yang berisi tentang pengembangan 19 instalasi di BBTKL PPM Yogyakarta. Salah satu dari 19 instalasi itu adalah Instalasi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). Dan sejak saat itulah Bapak Sigit ditugaskan sebagai kepala Instalasi Diklat hingga tahun 2009. Kemudian pada tanggal 4 Februari 2009, Bapak Sigit dilantik sebagai Kepala Bidang Surveilans Epidemiologi BBTKL PPM Yogyakarta menggantikan Bapak Johny Sumbung, SKM, M.Kes.

Bidang Surveilans Epidemiologi adalah Bidang yang sangat penting dalam tubuh BBTKL PPM Yogyakarta, jadi pantaslah jika dipimpin oleh Kepala Bidang yang menguasai banyak pengetahun dan pengalaman seperti sosok Bapak Sigit. Semoga Bidang Surveilans Epidemiologi dibawah pimpinan beliau semakin maju dan berkembang.(Tiek)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 28/02/2009 in Profil

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: