RSS

Respon Cepat KLB Malaria Di Desa Ketosari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

30 Jan

Berdasarkan informasi dari media cetak Radar Jogya tertanggal 15 Januari 2009 telah terjadi KLB Malaria di Desa Ketosari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Merespon berita tersebut, pada hari yang sama BBTKL-PPM Yogyakarta, melalui dr. Nur Subagyo HS selaku Kepala Instalasi KLB-Bencana melakukan kontak via telepon dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo untuk memastikan kebenaran berita di media cetak tersebut. Informasi didapatkan dari Kepala Seksi Pengendalian Penyakit (P2), Bapak Ucok Sujarwo, SH. bahwa benar telah terjadi KLB malaria di Desa Ketosari.

Sekaitan dengan adanya KLB malaria tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo di backup tenaga dari Subdit. Malaria Departemen Kesehatan RI telah melakukan Mass Blood Survey (MBS) pada tanggal 14 Januari 2009. Kegiatan MBS berlangsung selama 3 hari dengan hasil ditemukannya 19 slide positif dari 837 slide diperiksa (SPR= 2,27%). Jenis plasmodium ditemukan sebagian besar, yakni 16 slide (84,2%) adalah Plasmodium falciparum, terbagi atas 10 dalam bentuk ring dan 6 bentuk gamet. Selebihnya adalah mix. Untuk mencegah terjadinya penyebaran malaria secara meluas, Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo juga telah membagikan kelambu kepada penduduk setempat dan melakukan penyemprotan rumah (Indoor Residual Spraying/ IRS) pada tanggal 14 Januari 2009.

Pembagian kelambu yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo belum bisa mengcover seluruh penduduk berisiko. Menyikapi adanya keterbatasan kelambu tersebut BBTKL-PPM Yogyakarta pada tanggal 20 Januari 2009 merespon dengan memberikan bantuan kelambu berinsektisida, Olyset Net Color White sebanyak 14 pack, yang tiap packnya berisi 40 pcs kelambu. Selain memberikan bantuan kelambu, BBTKL-PPM Yogyakarta bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, puskesmas dan dibantu warga setempat, juga melakukan pemantauan faktor risiko lingkungan dan perilaku yang berhubungan dengan kejadian malaria. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 27-29 Janurai 2009. Lokasi kegiatan dipusatkan di Dusun Keposong dan Dusun Simpu, Desa Ketosari. Kegiatan riil dilakukan berupa wawancara terstruktur menggunakan kuesioner kepada seluruh kasus (penderita), observasi kondisi rumah dan lingkungan sekitarnya terkait dengan keberadaan tempat perkembangbiakan potensial (breeding dan resting places) dan melakukan penangkapan nyamuk vektor malaria. Hasil investigasi atau pemantauan tersebut dilaporkan secara lengkap dalam laporan hasil kegiatan. (Andi)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: