RSS

Penyusunan Laporan Keuangan UAPPA-W Propinsi DI. Yogyakarta Tahun 2008

30 Jan

DSC04502Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pemberantasan Penyakit Menular (BBTKL PPM) Yogyakarta yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan Dr. dr. Siti Fadilah Supari, Sp.JP(K) dengan SK No.857/Menkes/SK/IX/2008 tanggal 9 September 2008 sebagai Koordinator Unit Akuntasi Pembantu Pengguna Anggaran/Barang Tingkat Wilayah (UAPPA/B-W) Yogyakarta, pada hari rabu tanggal 21 Januari 2009 menyelenggarakan pertemuan dalam rangka persiapan penyusunan laporan keuangan UAPPA/B-W Tahun 2008. Acara ini merupakan salah satu tindak lanjut dari hasil pertemuan UAPPA/B-W yang diselenggarakan sebelumnya pada tanggal 12 Nopember 2008.
Hadir dalam pertemuan pertama tanggal 12 Nopember pengelola UAKPA dan UAKPB dari Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito, Politeknik Kesehatan Yogyakarta dan BBTKL PPM Yogyakarta serta Calon Pengelola UAAPA/B-W Propinsi DI. Yogyakarta dengan hasil sebagai berikut : Sesuai dengan bunyi butir ketiga Keputusan Menteri Kesehatan tersebut di atas, bahwa satuan kerja dapat melakukan perubahan dan atau penggantian personalia yang tercantum dalam susunan organisasi maka dalam pertemuan ini dibahas perubahan personil yang akan duduk dalam struktur organisasi UAPPA/B-W Propinsi DI. Yogyakarta ; Perubahan personil ini segera ditindaklanjuti oleh masing-masing satuan kerja dengan Surat Keputusan Kepala Satuan Kerja tersebut dan bersama-sama akan disampaikan kepada Menteri kesehatan cq. Sekretaris Jenderal Departemen Kesehatan oleh BBTKL PPM Yogyakarta selaku koordinator SAI ; Politeknik Kesehatan Yogyakarta (diwakili Bapak Tanto Yuono, SE), yang sejak tahun 2006 menjadi pengelola UAPPA/B-W menyampaikan pengalaman mengelola UAPPA/B-W, permasalahan yang muncul dan saran-saran untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu yang penting dilakukan adalah selalu melakukan koordinasi dan kontak antar pengelola untuk mengkomunikasikan permasalahan dan menyelesaikannya bersama-sama ; Untuk memperlancar jalannya pengelolaan kegiatan ini, masing-masing Satuan kerja mengusahakan adanya anggaran untuk pengelolaan SAI pada tahun anggaran 2009 (Sesuai dengan bunyi butir keenam SK Menkes No. 857/Menkes/SK/IX/2008 bahwa pembiayaan yang timbul sebagai pelaksanaan keputusan ini dibiayai oleh satuan kerja masing-masing) ; Pertemuan UAPPA/B-W berikutnya, dalam rangka penyusunan laporan tahun 2008, disepakati untuk dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2009.
Pada pertemuan tanggal 21 Januari ini, acara dibuka langsung oleh Kepala BBTKL PPM Yogyakarta Drs. Maryadi Broto Suwandi, M.Kes selaku koordinator SAI. Dalam sambutannya, Bapak Maryadi menyampaikan sekilas tentang persiapan yang harus dilakukan dalam penyusunan laporan keuangan UAPPA/B-W Tahun 2008 yang terdiri dari laporan SAK dan SIMAK-BMN. Acara dilanjutkan dengan penyampaian pelaksanaan dan evaluasi dalam penyusunan laporan keuangan oleh koordinator SAK, Yulis Quarti, SE,Akt, MSi (RSUP Dr. Sardjito). Disampaikan oleh Ibu Yulis bahwa dalam pengelolaan SAK sudah berjalan dengan lancar karena masing-masing SAKPA telah melakukan rekonsiliasi dan ketika digabung menggunakan aplikasi SAPPAW tidak ada masalah yang berarti. Koordinator SIMAK-BMN yang diwakili Drs. Hariya Kunjana dan Tanto Yuono, SE (Poltekkes) melaporkan pelaksanaan dan evaluasi dalam penyusunan laporan barang milik negara. Aplikasi SIMAK-BMN untuk masing-masing Satker tidak ada persoalan, tetapi untuk aplikasi SIMAK-BMN Wilayah masih belum dapat berjalan dengan baik. Masalah penggabungan dalam aplikasi SIMAK-BMN Wilayah ini merupakan permasalahan yang dihadapi seluruh pengguna. Permasalahan aplikasi ini akan dikonsultasikan dalam Diklat SIMAK-BMN yang akan diselenggarakan tanggal 23 Januari di Jakarta.
Acara dilanjutkan dengan penyusunan draft laporan keuangan UAPPA/B-W Yogyakarta tahun 2008, dilanjutkan diskusi dengan menghasilkan beberapa kesepakatan sebagai berikut:
Meskipun masih ada persoalan dalam aplikasi SIMAK-BMN Wilayah, namun penyusunan Laporan Tahunan 2008 tetap akan dilaksanakan karena SAK dan SIMAK dari masing-masing Satker sudah tidak ada masalah, persoalan yang muncul dimasukkan dalam CaLK dengan dilengkapi tabel yang diperhitungkan secara manual dan melampirkan laporan SIMAK-BMN masing-masing Satker ; Untuk membuat tabel manual tanpa menggunakan aplikasi SIMAK-BMN tersebut, masing-masing Satker mengumpulkan print out laporan SIMAK-BMN Satker kepada Poltekkes Yogyakarta selaku koordinator SIMAK-BMN Wilayah sebelum tanggal 23 Januari 2008 ;
Draft laporan BMN dari koordinator SIMAK-BMN serta Draft Laporan Keuangan dan CaLK dari koordinator SAK akan disampaikan kepada koordinator SAI ; Laporan Keuangan (LRA, Neraca dan CalK) dan Laporan BMN semester 2 dan laporan tahun 2008 akan disampaikan kepada UAPPA/B-E1; Pertemuan selanjutnya dalam rangka koordinasi dan penyusunan laporan semester 1 tahun 2009 akan diselenggarakan pada tanggal 8 Juli 2009.
Setelah diskusi, acara ditutup oleh Kepala BBTKL PPM Yogyakarta, Drs. Maryadi Broto Suwandi, M.Kes.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 30/01/2009 in Bagian Tata Usaha

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: