RSS

“Plankton” Bioindikator Ekosistem Akuatik

30 Jan

Air dapat dikatakan sumber dari segala kehidupan, tidak ada mahluk hidup yang survive dalam kehidupan di alam ini tanpa keberadaan air, termasuk manusia. Begitu banyak mahluk hidup yang menggantungkan hidupnya di air, dari mulai untuk kebutuhan minum sampai sebagai habitat/ tempat hidup. Sebagian besar makhluk hidup menggunakan air sebagai habitat hidup, baik mikroflora, makroflora, mikrofauna maupun makrofauna.
Dalam kehidupan air atau disebut ekosistem akuatik dapat digolongkan dalam 2 kategori besar yaitu:
1.Ekosistem air laut
Ekosistem air laut luasnya lebih dari 2/3 permukaan bumi ( + 70 % ), karena luasnya dan potensinya sangat besar, ekosistem laut menjadi perhatian orang banyak, khususnya yang berkaitan dengan REVOLUSI BIRU.
Ciri-ciri ekosistem laut:
•Memiliki kadar mineral yang tinggi, ion terbanyak ialah Cl`(55%), namun kadar garam di laut bervariasi, ada yang tinggi (seperti di daerah tropika) dan ada yang rendah (di laut beriklim dingin).
•Ekosistem air laut tidak dipengaruhi oleh iklim dan cuaca.

2.Ekosistem air tawar
Ciri-ciri ekosistem air tawar:
•Salinitas sangat rendah
•Variasi suhu sangat rendah
•Penetrasi cahaya matahari kurang
•Dipengaruhi oleh iklim dan cuaca

Ekosistem air tawar dibedakan menjadi dua, yaitu:
•Ekosistem air tenang (lentik) misalnya: danau, rawa.
•Ekosistem air mengalir (lotik) misalnya: sungai, air terjun
Organisme yang menghuni ekosistem akuatik sangat bervariasi terutama ekosistem air laut. Sedangkan untuk ekosistem air tawar keberadaan organisme dapat diklasifikasikan berdasarkan ekologi:
a.Organisme dapat diklasifikasikan berdasar niche utama pada posisinya dalam rantai energi dan rantai makanan; yaitu: Autotroph, Phagotroph, dan Saprotroph.
b.Organisme dapat diklasifikasikan berdasar bentuk kehidupannya atau kebiasaan hidup; yaitu: Benthos, Periphyton, Plankton, Nekton, dan Neuston
c.Organisme dapat diklasifikasikan berdasar daerah atau subhabitat. Dalam daerah lentik (air tenang) dengan kedalaman tertentu, seperti danau dapat ditemukan tiga zona, yaitu zona litoral (daerah dangkal), zona limnetik (daerah tengah), dan zona profundal (bagian dasar atau daerah diamana tidak ada penetrasi cahaya matahari).

Beberapa jenis organisme yang hidup di air tawar dapat digunakan sebagai bioindikator kualitas air, salah satunya adalah plankton. Plankton merupakan organisme melayang yang bergerak pasif mengikuti aliran air, dalam klasifikasi ekologi plankton termasuk dalam organisme yang diklasifikasikan berdasarkan bentuk kehidupan atau kebiasaan hidup. Kehidupan organisme plankton tergantung dari kualitas parairan, iklim dan faktor kompetisi. Keanekaragaman plankton dan dominasi species plankton dalam suatu perairan menggambarkan daya dukung lingkungan terhadap kehidupan dan keberadaan plankton di perairan tersebut.
Plankton terbagi menjadi 2 jenis, yaitu phytoplankton dan Zooplankton. Phytoplankton adalah tumbuhan mikroskopis yang hidup di perairan tawar maupun laut. Ada banyak jenis phytoplankton, masing-masing memiliki characteristi cshape. Secara bersama-sama, banyak tumbuh phytoplankton di lautan di seluruh dunia dan merupakan dasar dari rantai makanan laut. Ikan kecil, dan beberapa jenis ikan paus, memakan phytoplankton. Beberapa species phytoplankton tergantung kondisi tertentu untuk pertumbuhan, mereka adalah indikator baik perubahan di lingkungannya. Zooplankton adalah kategorisasi untuk organisme kecil yang termasuk protozoa kecil dan metazoa besar. Kepentingan ekologi dari zooplankton termasuk foraminifera, radiolaria dan dinoflagellate. Zooplankton metazoa penting termasuk cnidaria seperti ubur-ubur, crustacea seperti copepoda dan krill, moluska seperti pteropoda dan chordate.

Di Instalasi Laboratorium Biologi Lingkungan BBTKL-PPM Yogyakarta pengujian parameter plankton telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), Methode pengujian yang diterapkan berdasarkan Standard Methode for the Examination of Water and Wastewater 21th Edition 2005 meliputi methode pangambilan dan pengujian plankton. Secara umum pengujian plankton merupakan pengujian untuk menentukan jenis (species) dan jumlah setiap species plankton dari sampel air. Dari data jenis dan jumlah setiap species plankton maka dapat ditentukan index dominasi , index diversitas, dan index kesamaan antara 2 sampel jika dibutuhkan. Dari nilai index-index tersebut dapat ditentukan kualitas perairan berdasarkan organisme plankton.
Berkut ini adalah cara pengujian plankton dan rumus untuk menentukan index dominasi , index diversitas, dan index kesamaan antara 2 sampel;
Cara pengujian Plankton:

Alat dan Bahan:
Mikroskop
Sedgwick-Rafter (SR)
Pipet Pasteur

Prosedur :
Disiapkan sample sesuai dengan prosedur pengambilan plankton
Sample diisikan pada SR sebanyak 1 mL
Amati jenis dan hitung jumlah setiap jenis plankton dengan mikroskop.
Untuk identifikasi jenis plankton gunakan standard bench references.
Organisme yang telah rusak tidak dimasukkan dalam perhitungan jumlah plankton.
Penentuan index diversitas plankton menurun Shannon:

H = -∑ Pi log Pi
Pi = ni / N
Dimana ni : Jumlah setiap jenis Plankton
N : Jumlah total jenis plankton
Penentuan Index Dominasi.
C = ∑ (ni / N)2
Dimana ni : Jumlah setiap jenis Plankton
N : Jumlah total jenis plankton
Sumber:
Anonim. 2005. Standard Methode for the Examination of Water and Wastewater 21th Edition. American Public Health Association. Inc. New York.
Samingan Tjahjono. Ir, MSc. 1996. Dasar-Dasar Ekologi Edisi ke-3, terjemahan dari Fundamental of Ecology 3th edition. UGM press. Yogyakarta

By: Hvid o1o9

About these ads
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 30/01/2009 in Laboratoris

 

One response to ““Plankton” Bioindikator Ekosistem Akuatik

  1. vero

    18/08/2010 at 12:35

    salam kenal…
    materinya is the best.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: